Cara Membuat Kue lupis

Kue lupis merupakan kue tradisional khas Indonesia yang simple dan enak rasa. Mudah membuatnya, hanya terdiri dari beras ketan, yang disajikan dengan gula aren.
Bahan-bahan :
1. 400 gram beras ketan (bersihkan lalu rendam kurang lebih selama 1 jam).
2. 250 gram kelapa parut.
3. 2 lembar daun pandan ukuran 20 cm kemudian ikat simpul.
4. ? sdt garam halus.
5. ? sdm air kapur sirih.
6. Daun pisang serta tali untuk pembungkus.
Larutan gula :
1. 350 gram gula aren (sisir halus).
2. 300 ml air matang.

Cara membuat :
? Pertama, tuangkan ? sendok makan air kapur sirih kedalam beras ketan yang direndam tadi lalu aduk secara merata.
? Selanjutnya, ambil selembar daun pisang lalu bentuk segitiga atau berbetuk seperti bangun ruang lupis kemudian isi daun pisang tersebut dengan beras ketan. Setelah diisi, kemudian ikat setiap bagian ujung-ujungnya dengan tali yang telah disiapkan agar tetap rapat. Lakukan untuk setiap lembaran-lembaran daun hingga beras ketan habis.
? Setelah semua beras ketan terbungkus, kukus beras ketan hingga benar-benar matang.
? Untuk membuat taburan kelapa, mula-mula kukus kelapa parut bersama garam serta daun pandan kurang lebih 10-15 menit, lalu tiriskan dan dinginkan.
? Untuk membuat larutan gula, rebus air bersama dengan gula aren hingga menjadi larutan gula yang kental. Selanjutnya angkat dan dinginkan larutan gula tersebut.
? Untuk cara penyajian kue lupisnya, mula-mula buka semua pembungkus kue lupis dari daun pisang tadi kemudian taruh diatas piring saji. Selanjutnya taburi kue lupis dengan kelapa parut lalu tuangkan pula larutan gula diatasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *